Monday, June 24, 2013

Shochu (Minuman beralkohol dari Jepang)

Sumber :  http://theknightman.wordpress.com/2012/12/03/shochu-minuman-beralkohol-dari-jepang/

Semua orang tentu familiar dengan sake, yaitu minuman beralkohol yang dibuat dari fermentasi beras. Orang jepang juga memiliki minuman beralkohol lainnya yang dibuat dari hasil fermentasi, yang dikenal dengan “Shochu”. Sochu merupakan minuman beralkohol yang dihasilkan dari fermentasi ketela, atau orang jepang menyebutnya dengan “jagaimo”. Shochu dengan tulisan kanji “燒酒”, yang secara harfiah dapar diartikan “minuman keras yang serasa membakar”.  Shochu pada umumnya memiliki kadar alcohol sebanyak 25%. Kebiasaan orang jepang dalam meminum minuman keras sudah sangat terkenal, bahkan dalam meminum shochu sendiri. Kebiasaan unik orang jepang dalam minum shochu, mereka akan mulai dengan meminum bir terlebih dahulu dan setelah itu akan dilanjutkan dengan minum shochu. Shochu tidak diminum secara lansung, tapi diencerkan terlebih dahulu. Orang jepang biasanya akan mengencerkan shochu dengan menambahkan es atau air panas.
Image
Dalam tulisan ini saya akan menceritakan tentang proses pembuatan shochu. Saya mengikuti sebuah tur ke pulau Nagashima, pulau ini masih termasuk ke dalam perfectur Kagoshima, dan terletak di bagian barat pulau Kyushu, atau lebih tepatnya bagian barat laut perfectur kagoshima. Pulau Nagashima yang terletak tidak terlalu jauh, dihubungkan dengan menggunakan jembatan denga pulau Kyushu.
Image
Shochu yang paling terkenal di pulau ini adalah “Shimabijin” (shima; pulau, bijin; perempuan yang cantik) dan “Shimamusume” (musume; anak perempuan).
Saya dan rekan-rekan berkunjung ke pabrik yang memproduksi shochu jenis ini. berikut adalah proses pembuatan shochu secara umum;
Bahan-bahan
Bahan yang digunakan adalah ketela atau orang jepang menyebutnya dengan “imo”.
Image
Mesin penggilingan
Ketela yang sudah dibersihkan akan digiling di mesin ini, sehingga proses fermentasi akan lebih mudah.
Image
Tabung pemasak
dalam tabung ini, ketela yang sudah dihancurkan akan direbus selama waktu tertentu.
Image
Tabung pencampur
Setelah direbus sedemikian rupa, ketela tadi dimasukkan ke dalam tabung pencampur, yang proses disini akan dicampus dengan ragi, untuk disimpan dalam waktu tertentu shingga menghasilkan rasa yang diinginkan.
Image
Tabung distilasi
Proses distilasi ini merupakan proses pemisahan alcohol dengan air. Pada proses ini akan dihasilkan shochu dengan kadar alcohol sebanyak 37.8 %. Tapi dalam proses packing, dan merupakan tahap akhir, kadar shochu tersebut akan dikurangi sehingga menjadi 25%. Shochu yang telah siap dipacking akan siap untuk dipasarkan.
Image
shochu juga merupakan salah satu yang meningkatkan perekonomian jepang. Tulisan ini hanya untuk berbagi informasi yang saya dapatkan ketika berkunjung ke pabrik shochu, bukan untuk tujuan negatif lainnya.
Image

No comments:

Post a Comment