Thursday, June 20, 2013

AMEZAIKU, SENI KEINDAHAN PERMEN DI JEPANG

Seni keindahan permen di Jepang
Seni keindahan permen di Jepang

Permen adalah salah satu jenis jajanan yang sangat lekat dengan keseharian kita, terutama anak-anak. Sebenarnya tidak hanya anak-anak, bagi orang dewasa pun permen merupakan makanan yang mengasyikkan, apalagi dengan bentuk, warna, serta rasa yang beragam.
Melihat besarnya kecintaan anak-anak pada permen, para seniman asal Jepang coba memodifikasinya ke berbagai macam bentuk hewan dan karakter lainnya. Seni ini disebut Amezaiku.
Bentuk yang dibuat oleh para seniman ini bermacam-macam, tetapi pada umumnya mereka membuat bentuk binatang seperti anjing, kuda, ikan, dan serangga yang disukai oleh anak-anak.Untuk mempercantik hasil karyanya, para seniman ini memberikan warna-warna yang indah agar para penikmat permen lebih berselera.
Seni yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu ini sebenarnya sekarang sudah mulai langka bahkan di Jepang, negara asalnya sendiri. Mungkin hanya ada beberapa orang yang masih mempraktekkan seni ini.
Cara pembuatan seni permen (candy art) oleh Amezaiku memiliki beberapa tahapan. Pertama, sirup pati ketan direbus sampai menjadi lentur dan berwarna transparan. Kemudian, bahan ini dibagi menjadi beberapa bagian kecil dan ditarik dan diremas sang seniman. Kontak dengan udara selama proses ini menghasilkan warna putih.
Seniman amezaiku menggunakan berbagai peralatan, seperti gunting kecil, pinset, dan ujung sumpit, selanjutnya harus membentuk karakter, hewan, ataupun bentuk lainnya dengan cepat. Hal ini dikarenakan media yang digunakan, yaitu permen, memiliki sifat yang cepat mengeras, sehingga mereka hanya memiliki waktu 3-5 menit untuk menghasilkan bentuk permen yang diinginkan.
Seniman membuatnya dengan cara mencubit, menarik, atau membengkokkan permen untuk menciptakan bentuk hewan, baik itu burung, kuda atau naga. Selanjutnya, dia juga akan mencat permen yang telah mereka bentuk dengan pewarna makanan sebagai dekorasi untuk membuat permen menjadi lebih menarik.
Dalam bekerja para seniman Amezaiku ini juga merangkap sebagai seorang entertainer, sambil membuat permen mereka juga menghibur anak-anak dengan berbagai cerita yang berhubungan dengan bentuk permen yang mereka buat, bahkan beberapa seniman menyuguhkan pertunjukan sulap untuk para pembelinya.

Sumber :  http://www.oktomagazine.com/arsip/3675/amezaiku..seni.keindahan.permen.di.jepang

No comments:

Post a Comment