Monday, June 24, 2013

HIKIJAH MANJU & CAPPUCHINO MANJU

Manju Green Tea (Hikicah Manju) & Manju Cappucino

Manju kukus ini resepnya gabungan dari dua sumber, yaitu resep steamed-manju-hawaiian-sweet-bean-cakes (food.com) dengan resep hikicah manju (Kuwako Takahashi). Karena adonannya cukup banyak, saya membaginya menjadi dua versi rasa, yaitu green tea dan cappucino.

Pertama kali membuat manju kukus green tea bulatannya tidak rapi, yang penting rasanya^^...

Manju cappucino isi coklat

Manju cappucino isi shiro-an

Dari satu resep ini didapatkan sekitar 25-26 bh manju ukuran sedang. Manju ini empuk dan lebih enak selagi hangat, cocok sebagai cemilan pagi dan sore.


Manju Green Tea (Hikicah Manju) & Manju Cappucino
(Source: food.com & The Joy of Japanese Cooking Book by Kuwako Takahashi)

Bahan:
480 gr tepung terigu protein rendah
4 sdt baking powder
2 sdt green tea bubuk (untuk adonan green tea)
3 sdm cappucino bubuk (untuk adonan cappucino)
3 sdt kopi instan (untuk adonan cappucino)
½ sdt pasta moka (optional)
280 gr gula halus
3 btr putih telur
100 ml minyak goreng
250 ml susu cair
Pasta anko dan pasta coklat (pasta coklat saya beli yang kemasan box kecil) secukupnya, masing-masing bentuk bulat sebesar bakso kecil
Tepung maizena secukupnya

Cara membuat:
1. Larutkan green tea bubuk dengan sedikit air, sisihkan. Larutkan cappucino bubuk, kopi instan dan pasta moka dengan sedikit air, sisihkan.
2. Ayak bersama tepung terigu, baking powder dan campurkan dengan gula. Tambahkan putih telur dan minyak, aduk rata.
3. Tambahkan susu cair sedikit-sedikit hingga menjadi adonan yang agak lembek tetapi tidak lengket di tangan dan bisa dibentuk. Adonan yang padat akan membuat kue padat, keras bahkan bantat.
4. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Masing-masing beri larutan green tea dan larutan cappucino. Aduk rata, beri sedikit tepung maizena bila adonan lengket di tangan. Masing-masing bagi menjadi beberapa bagian. Pipihkan. Isi dengan pasta, adonan kulit green tea diisi dengan pasta anko dan adonan kulit cappucino diisi dengan pasta coklat. Bulatkan. Taruh diatas potongan kertas roti/kertas khusus alas bakpao.
5. Letakkan handuk basah di dalam panci kukusan. Susun bulatan manju diatasnya. Kukus dengan api sedang selama 20 menit. Angkat. Setelah dingin bungkus dengan plastik wrap.

No comments:

Post a Comment