Monday, June 24, 2013

KURI MANJU

Kuri Manju (Chestnut Pastry) 

Sumber : http://oishidesuyo.blogspot.com/2013/04/kuri-manju-chestnut-pastry.html

Kuri manju merupakan jenis yaki manju/manju panggang (sebelumnya saya sudah pernah share resep manju kukus). Ada beberapa variasi yang dibuat orang jepang untuk kuri manju ini, ada yang isinya benar-benar kacang kuri (chestnut/kastanye) ada yang hanya bentuk luarnya saja yang dibentuk seperti kacang kuri tetapi isinya pasta shiro-an atau white chocolate. Yaki manju memiliki tekstur bagian luar kulit yang kering dan renyah, bagian dalamnya padat persis moon cake (kue bulan). Tentu saja ada kesamaan, seperti yang pernah saya singgung sebelumnya bahwa manju diadaptasi dari kue-kue Cina seperti mantau, bakpao dan moon cake. Untuk yaki manju ini saya pernah membuat tiga versi, rasa original yang diisi pasta anko, yaki manju rasa kopi yang diisi pasta shiro-an dan kuri manju. Resep shiro-an bisa dilihat disini.

Ini penampakan asli chestnut/kacang berangan/kastanye (credit: healthyfoods.org)

Manju ini juga enak diisi dengan ryokutou-an (pasta kacang hijau tanpa kulit). Setelah matang saya oleskan saus karamel karena olesan kuning telur saya kurang gelap. Berikut resep kuri manju yang secara kebetulan saya sedang rajin mendokumentasikan langkah-langkah pembuatannya^^.


Kuri Manju (Chestnut Pastry)

Bahan:
Kulit:
110 gr mentega
110 gr gula halus
3 btr putih telur
1 btr kuning telur
2 sdm sirup jagung
1 sdt bp
420 gr tepung terigu (saya pakai 380 gr tepung terigu + 40 gr tepung maizena)

Isi:
100 gr white Cooking Chocolate (WCC), lelehkan, isi ke dalam cetakan batu es berbentuk setengah lingkaran. Setelah padat, congkel dengan tangkai sendok dan bulatkan.
Pasta shiro-an & pasta anko secukupnya (saya tidak timbang)

Olesan:
Saus karamel atau campuran 2 btr kuning telur+½ sdt kecap asin+½ sdt jus apel+½ sdt gula.
Wijen hitam secukupnya, untuk taburan.

Cara membuat:
1. Bagi pasta anko menjadi 30 buah sebesar kelereng. Isi dengan coklat putih. sisihkan.
 

2. Lelehkan mentega, tambahkan gula. Masukkan sirup jagung dan telur satu persatu sambil terus diaduk.
3. Ayakkan campuran tepung dengan baking powder ke dalamnya, aduk hingga tercampur rata. Bungkus adonan dengan plastik wrap dan simpan di dalam freezer selama 20 menit.
4. Keluarkan adonan, bagi-bagi adonan menjadi 30 buah bulatan. Isi masing-masing dengan adonan isi.
 
5. Agar bulatannya bagus, gunakan sapu tangan bersih untuk membentuknya.

6. Letakkan masing-masing bulatan adonan di atas loyang. Oles permukaannya dengan adonan kuning telur, taburi wijen hitam.

7. Panggang/oven pada suhu 200 °C selama 10 menit (saya 15 menit). Setelah matang dan permukaannya kecoklatan, keluarkan dan dinginkan. Bila suka oleskan saus karamel di permukaannya.

No comments:

Post a Comment