Kakigori, Es Serut Khas Jepang



Kakigōri (かき氷?) adalah dessert Jepang yang terbuat dari es serut dengan sirup.
rasa yang populer adalah: teh stroberi, ceri, lemon, hijau, anggur, melon, “biru-Hawaii” plum manis, dan sirup berwarna. Beberapa toko menyediakan variasi dengan menambahkan dua atau lebih sirup berbeda. Untuk mempermanis Kakigōri, susu kental sering dituangkan di atasnya. Kakigori dibuat secara tradisional dengan menggunakan alat pengeruk es yang digerakkan oleh tangan.

Selain di jalan, kakigōri juga dijual di festival,supermarket, kedai kopi, dan restoran. Selama musim panas, kakigōri hampir dijual di mana-mana di Jepang. Beberapa kedai kopi melayani kakigori dengan es krim dan pasta kacang manis. Beberapa supermarket juga menjual kakigori yang sudah dibumbui dan dikemas mirip dengan es krim.

Ya, kakigori, Makanan yang selalu ada di toko-toko saat musim panas di jepang. pada jaman Heian, makanan ini adalah makanan yang hanya bisa dinikmati di lingkungan kekaisaran saja.

Sei Shonagon (清 少 纳 言) menyebutkan ini dalam buku hariannya, The Pillow Book (枕 草 子) seribu tahun yang lalu.

Es di-shave dalam alat baja, dan disebut kezurihi (削り 氷). Kezurihi dibumbui dengan pemanis yang berasal dari pemanis alam. Dulu, pemanis itu mahal, dan pemanis dulunya dibuat menjadi obat dengan bahan alami.
Seribu tahun yang lalu, kakigori pasti cukup untuk mengobati serangan musim panas.

Sumber : Kakigori