Thursday, June 13, 2013

BENTO BOX (BEKAL MAKAN SIANG UNTUK ANAK-ANAK DI JEPANG)


Vemale.com - Si kecil memang terkadang susah makan. Entah karena menu bekal yang disiapkan oleh Anda begitu-begitu saja atau memang nafsu makan si kecil yang susah sekali. Mungkin menyajikan menu bekal dengan bentuk lucu akan ikut menggugah selera makan si kecil. Yuk, coba yang satu ini, Ladies.
Bahan:
1 Mangkok nasi (cetak dengan sebuah mangkuk berbentuk bulat)
1 buah sosis (iris dan bentuk menyerupai gurita)
Brokoli
Paprika
Untuk hiasan:
Keju (untuk pipi)
Potongan sosis (untuk mata)
Wijen hitam (untuk pipi)
Cara membuat:
1. Untuk membuat muka anjing laut, gunakan mangkok kecil untuk mencetak nasi. Olesi terlebih dahulu dengan sedikit air untuk mencegah nasi lengket pada mangkok.
2. Susun satu persatu bagian muka dari anjing laut. Mulai dari mata menggunakan potongan sosis, kemudian pipi dengan menggunakan keju yang sudah dipotong bulat. Taburi dengan wijen hitam di atas keju.
 3. Sebagai pelengkap, goreng sosis yang sudah di bentuk menyerupai gurita dan letakkan di samping nasi.
4. Jangan lupa tambahkan brokoli dan wortel sebagai tumbuhan laut. Bekal siap dikemas dan dibawa ke sekolah.

Berikut ini contoh bento unik :D









dan, ini alat untuk membuat bento box :

 


Bento Makanan Unik Dari Jepang

Posted by Rina Fitriana Kamis, 13 Desember 2012 0 komentar
Bentō (弁当 atau べんとう?) atau o-bentō adalah istilah bahasa Jepang untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa-bawa dan dimakan di tempat lain. Seperti halnya nasi bungkus, bentō bisa dimakan sebagai makan siangmakan malam, atau bekal piknik.
Bentō biasanya dikemas untuk porsi satu orang, walaupun dalam arti luas bisa berarti makanan bekal untuk kelompok atau keluarga. Bento dibeli atau disiapkan sendiri di rumah. Ketika dibeli, bentō sudah dilengkapi dengan sumpit sekali pakai, berikut penyedap rasa yang disesuaikan dengan lauk, seperti kecap asin atau saus uster dalam kemasan mini.
Ciri khas bentō adalah pengaturan jenis lauk dan warna agar sedap dipandang serta mengundang selera. Kemasan bento selalu memiliki tutup, dan wadah bentō bisa berupa kotak atau nampan segi empat dari plastik, kotak roti, atau kotak kayu kerajinan tangan yang dipernis. Ibu rumah tangga di Jepang dianggap perlu terampil menyiapkan bentō, walaupun bentō bisa dibeli di mana-mana. Di Indonesia, hidangan ala bento mulai dipopulerkan jaringan restoran siap saji Hoka-Hoka Bento sejak tahun 1985.
- See more at: http://dapoerina.blogspot.com/2012/12/bento-makanan-unik-dari-jepang.html#sthash.tWPte0t8.dpuf

2 comments:

  1. Baguss mbakkk..smua unyu2

    ReplyDelete
  2. Beli cetakannya dimana ya sis. Info dong. K aku.salam kenal. Naning 082225677819 pin BlackBerry 27D9638C

    ReplyDelete