Tuesday, June 18, 2013

JAPANESE SNACKS



DANGO
Kue bola yang terbuat dari tepung beras ini sekilas mirip mochi. Bedanya, dango disajikan dalama tusukan sate. Dalam satu tusukan bisanya terdapat 3 atau 4 buah dango. Dango ada berbagai jenis berdasarkan isi didalamnya, misalnya anko, telur, dan teh hijau.






SENBEI
Senbei adalah cracker atau biskuit khas Jepang yang terbuat dari beras. Di Indonesia, mungkin bisa diartikan sebagai kerupuk. Rasa senbei biasanya asin tapi ada juga yang manis. Senbei sering dimakan sebagai makanan ringan menemani teh hijau dan jamuan tamu untuk tamu dirumah-rumah. Senbei tradisional biasanya dipanggang dengan memakai arang.







MATCHA ICE CREAM
Es krim yang paling populer di Jepang adalah matcha ice cream atau es krim rasa teh hijau. es krim ini dibuat dari matcha, teh hijau yang sering dipakai untuk upacara minum teh.








ANMITSU
Salah satu hidangan pencuci mulut yang sangat terkenal di Jepang berupa agar-agar dari rumput laut yang disajikan dalam mangkuk berisi anko[pasta kacang merah] dan buah-buahan seperti buah persik, jeruk, nanas, dan ceri. Anmitsu biasanya disajikan bersama secangkir sirup yang dituangkan sebelum disantap, kadang di atasnya ditambahkan es krim.






MONAKA
Sekilas kue monaka ini terlihat seperti sandwich atau roti lapis. Hanya saja, lapisan roti pada monaka bukan berupa roti melainkan wafel renyah yang terbuat dari mochi, yang terkadang-kadang dibentuk menjadi bentuk bunga. Di dalam wafel tersebut umumnya berisi anko[pasta kacang merah], namun juga ada monaka yang berisi es krim.







AGEMOCHI
Makanan snack yang satu ini terbuat dari keu mochi[kue beras] yang dipotong-potong menjadi ukuran kecil sekitar 1cm, lalu digoreng dalam minyak panas hingga bentuknya mengembang. Agemochi biasa disantap dalam keadaan panas dengan bumbu garam, namun kadang-kadang divariasikan dengan berbagai macam rasa. Selain dijual di toko-toko, kue mochi goreng ini juga sering dibuat di rumah-rumah sebagai penganan.







ANPAN
Kue manis yang umumnya berisi anko[pasta kacang merah] ini dibuat pertama kali pada oeriode Meiji oleh seorang samurai tanpa tuan bernama Yasubei Kimura yang bekerja di toko bakery milik orang barat. Pembuatan anpan dikembangkan dari roti dengan paduan cita rasa Jepang yang terasa asin dan asam, yang pembuatannya mirip dengan kue manju. Di Jepang, kue anpan sangat terkenal.








MELON PAN
Melon pan atau roti melon merupakan penganan yang sangat terkenal di Jepang. Harga roti ini lumayan mahal dan hanya bisa didapatkan di toko-toko bakery terkenal. tidak seperti roti melon biasa, melon pan terbuat dari brioche yang diatasnya terdapat lapisan tipis berisi adonan kue rasa melon.








DORAYAKI
Kue yang menjadi makanan kesukaan Doraemon ini adalah pancake ala Jepang. Bentuknya pipih, bundar, didalamnya berisi anko[pasta kacang merah]. Kadang isinya juga diganti dengan krim keju, coklat, susu, dll. Awalnya dorayaki dibuat dengan 1 lapis namun sejak tahun 1914 dibuat menjadi 2 lapis dengan penambahan isi krim di bagian tengahnya.







TAIYAKI
Wafel berbentuk ikan yang umumnya di dalamnya berisi anko. Selain anko kadang juga berisi coklat atau keju, bahkan ada juga toko yang menjual taiyaki yang berisi okonomiyaki atau sosis. taiyaki banyak dijual di toko-toko kue, dan sering sekali ditemukan dalam perayaan matsuri.








NIKUMAN
Nikuman diambil dari kata niku [daging], yang berarti kue berisi daging [bapau]. Di Jepang, nikuman berisi daging cincang dan disajikan dalam keadaan panas. Nikuman biasanya dijual sebagai jajanan pasar di supermarket mulai akhir musim panas [Agustus-September] hingga awal musim semi [April].
 
Sumber :  http://rikiexed.blogspot.com/2012/03/japanese-snacks.html

No comments:

Post a Comment