Thursday, June 13, 2013

ONI MANJU (MANJU SETAN)

Asal Muasal Nama Oni-manju
Oni adalah makhluk dongeng yang muncul dalam cerita rakyat atau legenda Jepang yang melambangkan kejahatan. Oni berbentuk manusia, tapi memiliki tanduk di kepala dan taring di mulutnya. Oni hanya mengenakan cawat kulit harimau dan mengayunkan gada berduri. Sifat dan penampilannya liar sehingga menakutkan terutama bagi anak-anak. Di Jepang, orang tua biasa memarahi anak dengan menakut-nakuti bahwa oni akan datang menangkap mereka. Sementara anak-anak mungkin menyebut orang tua yang marah sebagai oni. Ada tradisi pada bulan Februari yang disebut Setsubun, di mana orang-orang melempar kacang kering dengan keyakinan bisa mengusir oni.
Oni-manju adalah kue kukus dengan isian ubi yang menonjol dari adonannya. Potongan ubi berbentuk dadu yang menonjol itu dianggap menyerupai tanduk dan gada berduri oni, karena itulah makanan ini dinamai oni-manju.
 
 Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi) ・200 gram ubi
・60 gram gula
・Sejumput garam
・100 gram tepung terigu
 
Cara Memasak



  1. Potong ubi menjadi bulatan dengan tebal 1 cm. Kupas tiap bulatan ubi kemudian potong-potong bentuk dadu dengan panjang sisi 1 cm. Rendam ubi dalam air selama sekitar 10 menit agar warnanya tidak berubah.
  2. Tiriskan potongan dadu pada wadah saringan. Masukkan ke dalam mangkuk, taburi gula, aduk lalu biarkan selama sekitar 20 menit sampai ubinya mengeluarkan cairan seperti sirup.
  3. Tambahkan garam dan tepung terigu pada potongan ubi bersama cairannya. Aduk menjadi adonan, tambahkan sekitar 2 sendok makan air untuk menghasilkan adonan yang lembut tapi tidak terlalu cair.
  4. Potong selembar kertas menjadi 4 potongan kotak dengan panjang sisi 6-7 cm. Bagi adonan menjadi 4 porsi yang sama. Tumpuk adonan pada masing-masing potongan kertas. Masukkan ke dalam pengukus lalu kukus di atas api sedang selama 20 menit. Angkat kemudian tiriskan di atas rak kawat.
 

No comments:

Post a Comment