Tuesday, June 18, 2013

GURIHNYA ROTI KUBUS ALA JEPANG - CAFE ROPPAN

Mungkin Anda sudah biasa dengan makanan camilan seperti martabak, pisang cokelat, atau omelet. Pernahkan Anda melihat roti berbentuk kubus dengan rasa yang menggugah selera? Yuk mampir ke gerai bernuansa negeri sakura.

Atraksi kopi tarik ala barista menghibur para pengunjung Mall Gandaria City yang terletak di kawasan Selatan sore itu. Kami pun ikut terkesima menyaksikan tangan-tangan handal mereka yang mampu berkonsentrasi menuang kopi dari gelas di tangan kanan ke tangan kiri sambil sesekali tersenyum orang-orang yang melihatnya. Aksi tersebut mampu menghibur pengunjung yang berseliweran di mall.

Tidak hanya aksi para barista saja yang mampu mencuri perhatian pengunjung mall, aksi juru masak andal saat memanggang daging ham mampu menarik perhatian. Tampak juru masak tersebut membakar daging ham bersama minyak. Atraksi kobaran api yang dilakukan jur masak menarik perhatian pengunjung. Setelah atraksi juru masak selesai, gantian aroma daging panggang menggugah selera makan dan menggoda indera penciuman pengunjung.

Aksi para barista dan juru masak ini merupakan rangkaian kegiatan yang diadakan oleh Roppan demi menarik dan menghibur pelanggannya. Kafe yang mengusung tema Toast the Happiness ini berharap pengunjung dapat menikmati sajian di kafe Roppan, “Konsep kita ingin agar  pelanggan yang datang bisa happy sesuai dengan tag line kami, ‘toast the happiness’, sebisa mungkin mengedepankan servis yang ramah, atraksi yang menarik, desain outlet yang ceria dan mengalunkan musik-musik beat, sehingga pelanggan merasa fun dan enjoy makan di sini,” ungkap Alifia Cinte, brand manager Kafe Roppan.

Roppongi Pan
Kafe ini menggunakan nama “Roppan” merujuk dari dua kata yaitu Roppongi dan Pan.  Roppongi merupakan salah satu kota distrik di Jepang, sedangkan Pan dalam bahasa Jepang berarti roti. Jika kita lihat sekeliling kafe ini banyak terdapat ornamen tulisan menggunakan aksara Jepang, tetapi jangan salah kafe ini bukan franchise atau cabang dari Jepang, melainkan masih satu grup dengan J’CO, Bread Talk dan Jhonny Andrean Salon. Saat ini Roppan telah memiliki 10 cabang, tersebar di Jabodetabek, Bandung dan Bali.

Awal mula kafe Roppan didirikan terinspirasi dari salah satu kafe Honey Toast yang berada di Roppongi, Jepang. Kafe tersebut menyajikan banyak Honey Toast. Akhirnya tercetuslah untuk membuat kafe yang menjual roti kubus ini namun dengan konsep yang berbeda. Honey Toast milik kafe Roppan tersedia dalam tiga varian rasa, yaitu Matcha-matcha, Vanilla dan Ogura.

”Honey Toast adalah roti kubus tebal pinggirannya, bagian kulitnya dipanggang, sedangkan bagian dalamnya dipanggang lalu dipotong kecil-kecil, kemudian dikasih madu, krispy, lembut, ada rasa manis dari madu. bedanya di toping sama ice cream.” ungkap Fia.

Menu ini sangat cocok disantap saat siang hari, selain menyegarkan juga mengenyangkan. Ketiga varian tersebut hanya berbeda di toppingnya saja. Untuk Matcha-matcha honey toast, honey toast ini diberi topping ice cream berwarna hijau rasa green tea; sedangkan Vanilla Honey Toast, toppingnya ice cream rasa vanilla dan Ogura Honey Toast terdapat topping  ice cream vanilla dengan taburan kacang merah. Untuk menikmati Honey Toast disarankan Anda membawa partner karena porsi Honey Toast terlalu besar untuk dinikmati sendiri. Seporsi Honey Toast dibandrol dengan harga Rp 36.000,00.
 Meskipun kafe ini baru berdiri tahun lalu, namun pengunjung yang datang kesini sudah banyak sekali. Mereka biasanya menginginkan makanan yang berbeda, makanan ringan namun mengenyangkan. Ada 18 sajian menu toast yang bisa dipesan. Untuk menu toast-nya pelanggan tidak perlu takut bentuk dan ukuran tidak sesuai dengan gambar yang tertera di daftar menu. Anda bisa melihatnya langsung toast tersebut berjajar cantik seperti mainan. Jika Anda sudah memilih toast mana yang ingin Anda santap, pramausaji tidak langsung menyerahkan pesanan saat itu juga. Anda harus menunggu sekitar 5-10 menit karena toast harus dipanggang lagi, sehingga Anda akan menikmati toast hangat.

Sekilas penampilan toast seperti roti tawar yang atasnya diberi topping. Tetapi jangan salah, roti yang dibuat bukan sembarang roti biasa. Karena Roppan membuat roti atau toast-nya lebih padat dan lebih gurih. Kombinasi topping diatasnya membuat toast semakin nikmat untuk disantap.

Terdapat dua macam kelompok toast yang bisa Anda nikmati, 9 sweet dan 9 savory. Ke-18 toast menggunakan base toast yang sama hanya dibedakan dari topping-nya. Jika Anda suka makanan yang gurih-gurih, bisa memilih toast sovory seperti Tamagochi, toast dengan topping telur dadar dicampur jamur dan keju lalu dibalur saus tomat atau Suni Shinjuku Toast di atasnya terdapat telur mata sapi setengah matang dan beri taburan daging asap: Godzilla Burger Toast dengan daging patty, bentuknya hampir mirip burger, bedanya bagian atas tidak ditumpuk roti.

Jika Anda lebih menyukai makanan manis, bisa memesan menu toast sweet seperti Choco Foretto, toast dengan topping cokelat bentuknya terinspirasi dari black forrest; Ike banana, toast dengan topping pisang dan keju yang diberi lelehan cokelat atau menikmati Say Cheese, toast dengan taburan keju dan cokelat. Semua toast dipatok dengan harga mulai dari Rp 11.000,00  hingga Rp 16.000,00.

“Kami ingin menjadikan kafe Roppan sebagai tempat makan yang menyajikan banyak ragam makanannya, karena selain toast juga menyediakan menu bento, sushi dan makanan ala Jepang lainnya. Untuk minuman kita ada teh, kopi dan beer,” tutur Fia.
[Teks: Tari/ Foto: Bary Vocsso]
 

1 comment: