Friday, June 14, 2013

KULINER ANAK GURITA, SENSASI TENTAKELNYA, HMM

Chuka Idako dengan konsep masakan hangat dan nasi Jepang …..
Jika anda penggemar kuliner, anda pasti tahu rasa masakan ‘anak gurita’. Ada yang anak masakan China, Korea dan ada juga ala masakan Jepang. Aku belum menemukan masakan anak gurita ala negara yang lain, hanya atau baru ada 3 negara eksotis, yang memasak anak gurita yang terkenal di dunia …..
Tahu tentang gurita? Gurita adalah satu keluarga dengan cumi2 dan sotong. Merea hewan yang mempunyai 8 kaki atau oktopoda, yang disebut ‘tentakel’. Tentakel2 ini mempunyai penghisap yang berfugsi untuk mereka ‘memanjat’ karang di kedalaman lautan, disebut ( kalau tidak salah : kemoreseptor ). Jika cumi2 dan sotong pupilnya tidak terlihat karena kecil, gurita mempunyai 8 tentakel dengan kemoreseptor2 yang sangat terlihat jelas karena besar. Jika cumi2 dan sotong merupakan hewan lunak dan hanya 1 tulang rawan di tubuhnya, serta kulitnya tidak terlalu tebal cenderung tipis, berbeda dengan gurita. Gurita tidak mempunyai 1 tulang rawanpun, tetapi kulitnya tebal, hingga jika tidak tahu untuk memasaknya, gurita akan ‘alot’ untuk dimakan …..
Gurita adalah hewan lunak termasuk moluska di Kelas Cephalopoda, Ordo Octopoda dan hidupnya di terumbu karang. Cumi2, sotong maupun gurita, merupakan hewan dengan kandungan kolesterol salah satu terbesar, setelah kandungan pada telur burung puyuh. Sehingga, setelah aku sakit aku tidak diperbolehkan makan cumi2, sotong dan gurita terlalu banyak, padahal, aku sangat menyukainya, gurih dan lezat …..
Masakan anak gurita yang aku paling suka adalah masakan anak  gurita Jepang, disebut Chuka Idako. Sebuah masakan Jepang matang ( jika gurita yang sudah tua, tubuhnya agak alot dan sedikit keras ). Setelah direbus, anak2 gurita tersebut disiram dengan saos yang terbuat dari pasta saos tomat, bawang putih, cuka, minyak wijen, gula serta bum2 ala Jepang. Biasanya Chuka Idako lebih enak disantap sebagai hidangan pembuka dengan rasa dingin, seperti salad. Walau ada juga yang menyukai disantap sebagai makanan utama dengan nasi Jepang dan hangat …..
Karena aku tidak suka pedas, maka aku tidak memakai Wasabi ataupun cabai bubuk. Tetapi Chuka Idako, memang sungguh - sungguh lezat …..

Chuka Idako dengan konsep dingin sebagai makanan pembuka seperti salad
Masakan ini belum tentu ada di restoran2 Jepang di Jakarta. Walaupun di restorang Jepang mahal, belum tentu enak masakan ini. Ada yang lebih kecut karena terlalu banyak cuka, atau pasta saos tomatnya juga terlalu banyak. Tetapi jika wijennya yang lebih banyak justru lebih gurih …..
Bagaimana dengan sashimi dari daging gurita? Tako, adalah sashimi dari daging gurita ( bukan anakan ), tetapi gurita dewasa. Sahimi Tako ini sama sekali tidak mentah,  tetapi direbus dan tetap berada di lemari pendingin. Di rebus katanya karena supaya tidak alot ( daging gurita dewasa lebih alot dibanding dengan daging anak gurita ).
 Tako, Sashimi Gurita

Sumber :  http://wisata.kompasiana.com/kuliner/2013/01/08/kuliner-anak-gurita-sensasi-tentakelnya-hmmmmm--517607.html

No comments:

Post a Comment